Daftar 5 Pemain Terbaik Asal Kamerun

0
Samuel Eto'o

Samuel Eto'o Fils (C), an ex-Cameroonian footballer, is seen during the election of a new president of the Cameroon Football Federation (Fécafoot) at the Mont Fébé Hotel in Yaoundé on December 11, 2021. (Photo by Daniel Beloumou Olomo / AFP)

Daftar 5 Pemain Terbaik Asal Kamerun

Daftar 5 Pemain Terbaik Asal Kamerun – Selama bertahun-tahun, Kamerun telah menegaskan diri mereka sebagai salah satu raksasa Afrika dengan warisan sepakbola yang sangat besar. Mereka juga telah meninggalkan jejak serangan yang tidak diragukan lagi di panggung dunia, tampil di Piala MPOID Dunia sebanyak delapan kali serta meraih medali emas Olimpiade.

Berikut adalah daftar 5 pemain terbaik asal Kamerun.

Samuel Eto’o

Eto’o adalah bagian penting dari skuad yang memenangkan Emas di Olimpiade 2000. Ia juga memenangkan Piala Afrika pada tahun 2000 dan 2002. Eto’o telah berpartisipasi di empat Piala Dunia dan enam AFCON. Dia adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa dalam sejarah Piala Afrika dengan 18 gol, dan yang lebih penting lagi, dia adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa Kamerun dan pemain dengan caps terbanyak ketiga, dengan 56 gol dalam 118 caps.

Ia menikmati kesuksesan besar di Eropa bersama Barcelona dan Inter setelah empat tahun yang produktif bersama Mallorca. Setelah meninggalkan Kepulauan Balearic dan memenangkan Copa del Rey pertama dan satu-satunya bagi klub, Eto’o menjadi bagian dari kelompok pemain elit yang memenangkan Liga Champions bersama dua klub berturut-turut ketika Inter asuhan Mourinho meraih gelar tersebut pada tahun 2010.

Roger Milla

Performa Milla yang memukau di Piala Dunia 1990 dan 1994 memang patut diacungi jempol. Meskipun Milla bermain-main di Piala Dunia dan masih mencetak gol di usia akhir 30-an dan awal 40-an, hal itu tidak boleh menjadikannya sekadar gimmick belaka. Bagaimanapun, dia adalah Pemain Terbaik Afrika Tahun Ini dua kali, dan kemudian dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Afrika Abad Ini di CAF.

Ia memenangkan dua gelar AFCON dan meskipun ia tidak pernah memenangkan liga utama, ia mencetak gol secara konsisten di Kamerun dan Prancis, meraih total delapan penghargaan klub dalam prosesnya. Dalam karir klubnya, dia mencetak 438 gol dalam hampir 800 penampilan.

Thomas N’Kono

Thomas N’Kono diperingkat oleh CAF di antara tiga pemain terbaik Afrika tahun ini dalam empat kesempatan berbeda. Penjaga gawang ini memenangkan Pemain Terbaik Afrika Tahun Ini dalam dua kesempatan, satu dari hanya dua penjaga gawang yang memenangkan penghargaan tersebut (dan satu-satunya yang melakukannya dua kali). 

Di level klub, dia banyak dikaitkan dengan Espanyol. Dia mewakili tim Spanyol selama hampir satu dekade, memainkan lebih dari 300 pertandingan resmi. Ia menjadi runner-up Piala UEFA pada musim 1987/88, namun saat ini ia sudah meraih trofi – memenangkan lima gelar liga dan dua Liga Champions CAF.

Geremi

Salah satu generasi pesepakbola Kamerun yang luar biasa, Geremi, memenangkan dua gelar Afrika dan medali emas Olimpiade bersama Kamerun. Kemudian, setelah perpindahan karier membawanya dari Paraguay ke Turki, ia memenangkan dua trofi Liga Champions dan satu gelar Spanyol bersama Real Madrid. Setelah itu, kampanye Piala Konfederasi FIFA yang mengesankan bersama Kamerun dan pinjaman ke Middlesbrough, Chelsea mengontrak Geremi. 

Di sana, gelandang serba bisa dengan kemampuan bola mati ini memenangkan liga dua kali. Dia juga menjadi bagian dari kesuksesan Community Shield sebagai bagian dari skuad Jose Mourinho. Dia kemudian bermain untuk Newcastle United.

Lauren

Karir internasional bek kanan Lauren memang tidak terlalu menakjubkan. Terlepas dari itu, ia masih menjadi bagian dari Generasi Emas yang memenangkan dua gelar AFCON (salah satunya ia masuk dalam tim terbaik turnamen tersebut) dan satu medali emas Olimpiade pada pergantian abad.

Dengan pemain Kamerun yang hanya mencatatkan 24 caps, karir klubnyalah yang menempatkannya pada peringkat yang sangat tinggi. Untuk Arsenal, ia memenangkan dua mahkota Liga Premier – salah satunya adalah musim 2003/04 yang tak terkalahkan. Selain itu, ia juga memenangkan tiga Piala MPOID FA dan menambahkan gelar keempat ketika ia tampil dalam kemenangan Portsmouth pada tahun 2009. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *