Inilah Daftar Pemenang Piala FA Sepanjang Masa

0
Inilah Daftar Pemenang Piala FA Sepanjang Masa

Inilah Daftar Pemenang Piala FA Sepanjang Masa

Inilah Daftar Pemenang Piala FA Sepanjang Masa – Piala FA adalah kompetisi piala tertua di dunia, yang pertama kali diadakan pada tahun 1871. Format turnamen ini memperbolehkan klub-klub dari non-liga IDCASH88 untuk ikut serta, yang terkadang dapat mengakibatkan kekacauan besar, dengan Lincoln City sebagai contoh utamanya pada tahun 2017.

The Imps menjadi tim non-liga pertama dalam 103 tahun yang mencapai perempat final setelah mengalahkan lawannya di divisi teratas Burnley di babak kelima. Arsenal akhirnya mengakhiri perjalanan luar biasa mereka dan memenangkan kompetisi akhir tahun itu.

Warga London utara sangat menyukai Piala FA dan telah memenangkannya sebanyak 14 kali. Inilah daftar pemenang dari berbagai kategori untuk kompetisi Piala FA. 

Klub dengan Gelar Piala FA Terbanyak

Ketika Herbert Chapman bergabung dengan Arsenal pada tahun 1925, dia memperingatkan klub yang masih menunggu trofi besar pertamanya bahwa dibutuhkan waktu lima tahun untuk mendapatkan trofi tersebut. Sesuai jadwal, The Gunners memenangkan gelar pertama dari 14 gelar Piala FA yang memecahkan rekor mereka pada tahun 1930. Alex James membuka skor dalam kemenangan 2-0 atas Huddersfield, tim yang ditinggalkan Chapman untuk mengubah Arsenal. Enam dekade kemudian, Arsene Wenger memainkan peran revolusioner London utara, membawa The Gunners meraih tujuh Piala FA yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Manchester City masih tertinggal jauh dengan perolehan tujuh gelar domestik sepanjang sejarah klub meski baru-baru ini mereka mendominasi sepakbola Inggris. Liverpool, Chelsea dan Tottenham Hotspur semuanya telah memenangkan gelar bersejarah sebanyak delapan kali dan berada di urutan ketiga untuk kemenangan terbanyak.

Klub dengan Penampilan Final Piala FA Terbanyak

Juara rekor Arsenal telah tampil di final Piala FA sebanyak 21 kali, namun Manchester United dapat melampaui jumlah tersebut dengan 22 pertandingan dalam pertandingan yang biasanya merupakan pertandingan terbesar dalam kalender domestik Inggris. Setan Merah hanya berhasil mencapai satu pertandingan Piala FA sebelum Perang Dunia Kedua – memenangkan turnamen pada tahun 1909 melawan Bristol City – namun telah memberikan kehadiran yang dapat diandalkan di tahun-tahun berikutnya, terutama selama masa sukses Sir Alex Ferguson.

Urutan berikutnya adalah Chelsea yang sudah tampil tajam di turnamen sebanyak 16 kali. The Blues telah menjadi pemain yang paling sering tampil di final Piala FA di Stadion Wembley yang baru sejak stadion tersebut diresmikan pada tahun 2007, namun dengan kesuksesan yang beragam. Chelsea mencapai tiga pertandingan berturut-turut antara tahun 2020 dan 2022 dan terus kalah di setiap pertandingan.

Liverpool telah berhasil mencapai 15 final Piala FA, sebagian besar terjadi pada era keemasan klub di bawah asuhan Bob Paisley dan kemudian Kenny Dalglish. Klub ini begitu sering mengunjungi Wembley sehingga para penggemar dengan nakal menjuluki stadion London ‘Anfield Selatan’.

Pemain dengan Piala FA Terbanyak

Tidak ada pemain yang memenangkan Piala FA lebih banyak daripada Ashley Cole. Mantan bek kiri Chelsea dan Arsenal ini memenangkan empat gelar bersama mantan dan tiga gelar bersama yang terakhir, menjadikan total gelarnya menjadi tujuh, dua gelar lebih banyak dibandingkan pemain lainnya. Penerima Hall of Fame Liga Premier, untuk sementara waktu, dianggap sebagai bek kiri terbaik di dunia dan bisa dibilang bek sayap terhebat yang pernah diproduksi Inggris.

Ray Parlour memenangkan Piala FA empat kali bersama Arsenal tetapi memperkirakan bahwa rekan setim mudanya akan memecahkan rekor individu pada awal tahun 2005. Prestasi pribadi Cole bisa saja lebih tinggi jika bukan karena kekalahan dari Liverpool di final Piala FA 2001. The Gunners memimpin di Stadion Millennium dan memimpin dengan 10 menit tersisa sebelum Michael Owen mencetak dua gol IDCASH88 cepat untuk memenangkan pertandingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *